Prosedur Pelayanan Operasi Arthroscopic ACL Reconstruction

Konsultasi dengan Dr. Andre Pontoh . Pada saat konsultasi, pasien akan diwawancara mengenai riwayat cedera dan keluhan-keluhan yang timbul. Kemudian dilakukan pemeriksaan klinis pada lutut yang cedera.
Untuk mendapatkan data lebih terinci tentang keadaan di dalam lutut, pasien akan dikirim ke bagian Radiologi untuk dilakukan pemeriksaan X-Ray (Rontgent) dan MRI.
Setelah pemeriksaan X-Ray dan MRI telah dilakukan, pasien Agar kembali konsultasi ke Dr. Andre Pontoh untuk dilakukan evaluasi kembali. Jika dari semua pemeriksaan sudah menunjukan adanya cedera pada ACL dan pasien ingin melakukan operasi, jadwal operasi dapat diberikan pada saat konsultasi atau pasien dapat menghubungi (021) 7693184 setidak-tidaknya 1 (satu) minggu sebelum jadwal operasi.
Setelah jadwal operasi ditentukan, pasien harus melakukan pemeriksaan laboratorium darah dan pemeriksaan X-Ray dada untuk menilai kondisi tubuh dalam persiapan tindakan anestesi.
Pada pasien-pasien dengan resiko, misalnya ada penyakit lain dan pasien dengan usia lebih dari 40 (empat puluh) tahun, maka pasien diharuskan untuk periksa ke dokter spesialis lain, misalnya dokter Spesialis Jantung dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam.
Pada hari operasi, pasien diharapkan sudah hadir di RS Pondok Indah pada Jam 08:00 pagi, sebelum jam 08:00 pasien masih diperbolehkan untuk makan/minum, setelah itu pasien harus puasa.
Setiba di RS Pondok Indah, pasien langsung menuju bagian admission yang berada di lobby gedung C untuk mengurus administrasi dan segera akan diantar ke ruang rawat.
Di ruang rawat pasien akan dilakukan beberapa pemeriksaan klinis dasar seperti pengukuran tekanan darah dan suhu tubuh. Disamping itu pasien akan dipasang infus untuk diberi antibiotik guna pencegahan terjadi infeksi pada saat dilakukan operasi. Pasien juga akan dikunjungi oleh dokter Anestesi untuk dilakukan evaluasi.
Beberapa saat sebelum operasi, pasien akan dibawa menuju ruang operasi yang terletak di lantai 2 gedung A. Pasien akan diterima oleh perawat kamar operasi dan dibawa ke ruang persiapan operasi untuk menunggu dilakukan operasi, pasien juga akan kembali dilakukan pemeriksaan klinis dasar. Di ruang persiapan pasien akan bertemu lagi dengan Dr. Andre Pontoh dan dokter anestesi.
Kemudian pasien akan dimasukkan ke ruang operasi. Disini pasien akan dibius dan dioperasi. Operasi Arthroscopic ACL Reconstruction biasanya berlangsung sekitar 1 (satu) jam.
Segera setelah operasi selesai, pasien akan dikeluarkan dari kamar operasi dan dikirim ke ruang pemulihan, disini pasien akan dipantau sampai keadaan pasien stabil.
Setelah keadaan pasien sudah baik, segera pasien dibawa kembali ke ruang rawat. Setelah pasien sadar, pasien dapat mulai minum dan makan. Setelah operasi pasien tidak boleh menekuk/melipat lutut selama satu minggu. Selama satu minggu akan dipasang penyangga untuk mempertahankan lutut tetap lurus. Pada saat ini, pasien sudah mulai dengan beberapa latihan lutut yang sederhana. Selama di ruang rawat pasien masih mendapat obat-obatan berupa antibiotik dan anti-nyeri lewat infus, dan pasien akan dimonitor kondisi tubuhnya. Pasien akan menginap satu malam.

Keesokan harinya, pasien dipersiapkan untuk pulang. Pasien dapat berjalan dengan menggunakan bantuan satu tongkat, posisi lutut tetap lurus selama satu minggu. Jika kondisi tubuh pasien baik, pasien dapat pulang sebelum Jam 12 siang.
Selama minggu pertama di rumah, pasien pasien tidak boleh terlalu banyak jalan untuk mencegah pembengkakkan lutut. Balutan dan penyangga di lutut harus dipertahankan, jangan sampai basah. Latihan lutut seperti yang sudah diajarkan harus dilakukan dengan disiplin.
Pasien kembali kontrol ke Jakarta Knee Center 1 (satu) minggu setelah operasi, pada saat kontrol, balutan dan penyangga lutut dibuka dan pasien boleh mulai latihan menggerakkan lututnya.
Pasien harus kembali kontrol ke Jakarta Knee Center 2 (dua) minggu setelah operasi, pada saat ini luka operasi sudah kering dan pasien harus bertemu dengan Dr. Carmen (Spesialis Kedokteran Olahraga) untuk program-program latihan.
Setiap bulan minimal 1 (satu) kali pasien harus kontrol ke Jakarta Knee Center dan pada akhir bulan keenam, diharapkan pasien sudah siap untuk kembali ke aktifitas high-impact.
Jakarta Knee Orthopaedic Sports Center
RS Pondok Indah, Jl. Metro Duta Kav. UE, Jakarta Selatan, Indonesia, Telpon / Fax: +62 21 7693184
Website developed by Focus Digital Design